Beranda | Artikel
Cara Menghitung Zikir Sesuai Sunnah - Syaikh Shalih al-Ushaimi #NasehatUlama
Jumat, 5 Agustus 2022

Jika ada yang bertanya kepada Anda, “Bagaimana cara menghitung dengan jari-jari
ketika bertasbih?”

Siapa yang menjawab? Bagaimana menghitungnya?

Bagaimana menghitung dengan jari-jari?
Silakan.
Anda katakan begini?
Bagaimana? Itu menggenggam (ʿaqdun) atau mengulurkan (hallun)?
Mengulurkan.

Jadi, jawaban Anda bukan mengulurkan.
Al-ʿAqdu (menggenggam) adalah melipat jari ke telapak tangan bagian dalam.

Melipat jari ke telapak tangan bagian dalam.
Ini yang disebut al-ʿAqdu (menggenggam),
sambil Anda mengucapkan: Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar.

Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar.
Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar
Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar, kemudian Anda mengulurkannya
sambil mengucapkan: Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar, sampai Anda menyelesaikan hitungannya.

Inilah sunah Nabi, ini yang disebut dengan al-ʿAqdu (menggenggam).
Jika seorang hamba mengombinasikan antara menggenggam dan mengulurkan,
bagaimanapun caranya, maka hal itu diperbolehkan.

Begitu juga jika dia hanya menghitung dengan lipatan-lipatan jari,
melakukan itu sambil mengatakan: Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar.
Subẖānallāh wal ẖamdulillāh wallāhu akbar.

Seperti ini juga boleh.
Intinya bahwa sunah Nabi adalah al-ʿAqdu (dengan menggenggam),
yaitu dengan melipat atau menekuk jari ke telapak bagian dalam.

===

يَقُولُ لَكَ مَا هِيَ صِفَةُ عَقْدِ الْأَصَابِعِ

عِنْدَ التَّسْبِيحِ؟

مَنْ يُجِيبُ؟ كَيْفَ الْعَقْدُ؟

كَيْفَ عَقْدُ الْأَصَابِعِ؟

نَعَمْ

أَنْتَ قُلْتَ هَكَذَا

هَا؟ هَذَا عَقْدٌ أَمْ حَلٌّ؟

حَلٌّ

فَجَوَابُكَ لَيْسَ حَلًّا نَعَمْ

الْعَقْدُ هُوَ ثَنْيُ الْإِصْبَعِ إِلَى بَاطِنِ الْيَدِ

ثَنْيُ الْإِصْبَعِ إِلَى بَاطِنِ الْيَدِ

هَذَا يُسَمَّى عَقْدًا

فَتَقُولُ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

ثُمَّ تَحُلُّهَا

ثُمَّ تَقُولُ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

حَتَّى تَتِمُّ بِذَلِكَ

هَذَا هُوَ السُّنَّةُ هَذَا الَّذِي يُسَمَّى عَقْدًا

فَإِنْ جَمَعَ الْعَبْدُ بَيْنَ الْعَقْدِ وَالْحَلِّ

عَلَى أَيِّ وَجْهٍ كَانَ ذَلِكَ جَائِزًا

وَكَذَا لَوْ أَنَّهُ اقْتَصَرَ عَلَى مَثَانِي الْأَصَابِعِ

فَفَعَلَ هَكَذَا قَالَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

فَهَذَا جَائِزٌ أَيْضًا

وَالْمَقْصُودُ أَنَّ السُّنَّةَ هُوَ الْعَقْدُ

بِرَدِّ الْإِصْبَعِ وَثَنْيِهِ إِلَى بَاطِنِ الْكَفِّ


Artikel asli: https://nasehat.net/cara-menghitung-zikir-sesuai-sunnah-syaikh-shalih-al-ushaimi-nasehatulama/